Our social:

Sunday, 6 March 2016

GANGGUAN TERKAIT PERKEMBANGAN

GANGGUAN TERKAIT PERKEMBANGAN
Gangguan yang muncul sangat awal yaitu muncul pada masa anak-anak bahkan saat lahir sebagai penyimpangan dalam perkembangan
RETARDASI MENTAL
·     Adalah suatu kondisi yang hadir sejak masa anak-anak, dicirikan dg fungsi intelektual umum yg secara sinifikan berada di bawah rata-rata (7 50 ke bawah)
·     Tingkatan retardasi berkisat antara ringan (IQ 50/55 – 70), menengah (IQ 35/40 – 35/45), berat (IQ 20/25 – 35/40), sangat berat (dibawah 20/25)
Karakteristik
·     Selain IQ berada di bawah 70, mereka memiliki defisit atau impairment berulang dalam fungsi adaptif setidaknya pada 2 area berikut : komunikasi, perawatan diri, kehidupan rumah, ketrampilan sosial/interpersonal, penggunaan sumber daya komunitas, pengarahan diri, kerja, waktu luang, kesehatan dan keselamatan.
GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF
Dicirikan dengan adanya impairment yang parah pd beberapa area perkembangan (mis. Interaksi sosial atau ketrampilan komunikasi) atau adanya perilaku, minat, dan aktivitas ganjil yg ekstreem. Diantaranya adalah gangguan sbb:
AUTISTIK
Dicirikan dg adanya impairment besar pd kemampuan individu untuk berkomunikasi dan terhubung secara emosional dengan orang lain.
GANGGUAN RETT
pada usia 5 bln sampai 4 tahun terjadi beberapa perubahan yg mengindikasikan kemunduran sistem syaraf dan kognitif
GANGGUAN ASPERGER
perkembangan kognitif dan bahasa pada anak masih bertahan tetapi dalam hal interaksi sosial mengalami kemunduran, selain itu juga mengembangkan pola perilaku, minat, aktifitas yg repetitif, terbatas dan stereotip.
GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN PERILAKU MENGGANGGU
·     ADHD adalah suatu gangguan yg melibatkan ketidakmampuan untuk memperhatikan dan hiperaktivitas-impulsivitas.
·     GANGGUAN TINGKAH LAKU adalah suatu kondisi yg dicirikan oleh kejahatan terhadap hak orang lain yg terjadi berulang dan  menetap.
·     GANGGUAN PERILAKU MENENTANG adalah suatu kondisi yg memperlihatkan suatu pola perilaku negatif, penuh kekerasan, dan bersikap membangkang yg menghasilkan masalah serius dlm keluarga dan di sekolah
GANGGUAN BELAJAR, KOMUNIKASI, DAN KETRAMPILAN MOTORIK
·     G. BELAJAR adalah suatu keterlambatan atau kekurangan dlm keterampilan akademis yg jelas terlihat ketika pencapaian individu pd tes standar  lebih rendah dari orang lain yg berada pd kelompok usia, tingkat pendidikan, dan tingkat kecerdasan yg sama.
·     G. KOMUNIKASI adalah kondisi yg dicirikan dg kelemahan dalam ekspresi atau pemahaman bahasa.
·     G. KETERAMPILAN MOTORIK adalah kondisi yg dicirikan oleh kelemahan pd perkembangan koordinasi motorik
·     GANGGUAN KECEMASAN AKAN PERPISAHAN adalah anak yg memiliki kecemasan yg intens dan tidak perlu mengenai keterpisahan dari rumah atau pengasuh


 




0 comments: