GANGGUAN TERKAIT PERKEMBANGAN
GANGGUAN
TERKAIT PERKEMBANGAN
Gangguan
yang muncul sangat awal yaitu muncul pada masa anak-anak bahkan saat lahir
sebagai penyimpangan dalam perkembangan
RETARDASI
MENTAL
· Adalah
suatu kondisi yang hadir sejak masa anak-anak, dicirikan dg fungsi intelektual
umum yg secara sinifikan berada di bawah rata-rata (7 50 ke bawah)
· Tingkatan
retardasi berkisat antara ringan (IQ 50/55 – 70), menengah (IQ 35/40 – 35/45),
berat (IQ 20/25 – 35/40), sangat berat (dibawah 20/25)
Karakteristik
· Selain IQ berada di bawah 70,
mereka memiliki defisit atau impairment berulang dalam fungsi adaptif
setidaknya pada 2 area berikut : komunikasi, perawatan diri, kehidupan rumah,
ketrampilan sosial/interpersonal, penggunaan sumber daya komunitas, pengarahan
diri, kerja, waktu luang, kesehatan dan keselamatan.
GANGGUAN
PERKEMBANGAN PERVASIF
Dicirikan
dengan adanya impairment yang parah pd beberapa area perkembangan (mis.
Interaksi sosial atau ketrampilan komunikasi) atau adanya perilaku, minat, dan
aktivitas ganjil yg ekstreem. Diantaranya adalah gangguan sbb:
AUTISTIK
Dicirikan
dg adanya impairment besar pd kemampuan individu untuk berkomunikasi dan
terhubung secara emosional dengan orang lain.
GANGGUAN
RETT
pada
usia 5 bln sampai 4 tahun terjadi beberapa perubahan yg mengindikasikan
kemunduran sistem syaraf dan kognitif
GANGGUAN
ASPERGER
perkembangan
kognitif dan bahasa pada anak masih bertahan tetapi dalam hal interaksi sosial
mengalami kemunduran, selain itu juga mengembangkan pola perilaku, minat,
aktifitas yg repetitif, terbatas dan stereotip.
GANGGUAN
PEMUSATAN PERHATIAN DAN PERILAKU MENGGANGGU
· ADHD
adalah suatu gangguan yg melibatkan ketidakmampuan untuk memperhatikan dan
hiperaktivitas-impulsivitas.
· GANGGUAN
TINGKAH LAKU adalah suatu kondisi yg dicirikan oleh kejahatan terhadap hak
orang lain yg terjadi berulang dan
menetap.
· GANGGUAN PERILAKU MENENTANG
adalah suatu kondisi yg memperlihatkan suatu pola perilaku negatif, penuh
kekerasan, dan bersikap membangkang yg menghasilkan masalah serius dlm keluarga
dan di sekolah
GANGGUAN
BELAJAR, KOMUNIKASI, DAN KETRAMPILAN MOTORIK
· G. BELAJAR adalah suatu
keterlambatan atau kekurangan dlm keterampilan akademis yg jelas terlihat
ketika pencapaian individu pd tes standar
lebih rendah dari orang lain yg berada pd kelompok usia, tingkat
pendidikan, dan tingkat kecerdasan yg sama.
· G.
KOMUNIKASI adalah kondisi yg dicirikan dg kelemahan dalam ekspresi atau
pemahaman bahasa.
· G.
KETERAMPILAN MOTORIK adalah kondisi yg dicirikan oleh kelemahan pd perkembangan
koordinasi motorik
· GANGGUAN
KECEMASAN AKAN PERPISAHAN adalah anak yg memiliki kecemasan yg intens dan tidak
perlu mengenai keterpisahan dari rumah atau pengasuh
0 comments:
Post a Comment