Our social:

Wednesday, 15 March 2017

TAFSIR DAN HADITS TEMATIK KONSEP AKAL DAN PENGARUHNYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM

MAKALAH : TAFSIR DAN HADITS TEMATIK
KONSEP AKAL DAN PENGARUHNYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM

A. PENDAHULUAN
Sebagaimana kita meyakini bersama, bahwa Al-Quran dan Al-Hadits, keduanya adalah wahyu Allah Swt. Ia adalah sumber pokok ajaran Islam, sebagai pedoman hidup manusia terutama bagi kaum Muslim dan Mukmin untuk mncapai kebahagiaan didunia dan di akhirat. Sebagai pedoman dan petunjuk bagi kehidupan manusia karena memang Al-Quran dan Al-Hadits berisi ajaran dan aturan yang paling lengkap dan sempurna mencakup esensi dan eksestensi serta semua aspek kehidupan manusia itu sendiri.
Untuk mengaplikasikan ajaran Al-Quran tersebut bagi kaum muslim wajib mempelajari dan memahami isi kandungannya, baik melalui terjemah maupun Tafsir Al-Quran itu sendiri, serta penjelasan-penjelasan khusus melalui Hadits Nabi Saw. Karenanya Al-Quran dan Al-Hadits tidak bisa dipisahkan. Bahkan secara akademis Al-Quran dan Al-Hadits menjadi suatu disiplin Ilmu Keislaman, dan lebih sepesifik lagi sekarang menjadi mata kuliah Tafsir dan Hadits Tematik, yang berarti cara mengkaji dan mendalami isi Al-Quran melalui Tafsir yaitu “Penjelasan atas Al-Quran” [1] dan Hadits Nabi Muhammad Saw. menurut topik, judul, klasifikasi, aspek, atau tema-tema materi tertentu.
Untuk memepelajari dan memahami semua aspek kandungannya, sudah tentu menggunakan Akal fikiran dan nalar yang sehat dan cerdas, tidak berdasrkan hawa nafsu. Salah satu aspek ajaran Al-Quran dan Hadit Nabi Saw yang memerlukan penalaran akal sehat dan cerdas adalah persoalan pengembangan Pendidikan Islam sesuai dengan judul Makalah ini yaitu “Konsep Akal Dan Pengaruhnya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam” Secara garis besar isi Makalah ini, Penulis mengangkat sub-sub materi antara lain; pendahuluan, beberapa tinjauan tentang akal, bebrapa ayat Al-Quran dan Al-Hadits tentang akal, deskripsi singkat berkenaan dengan pendidikan Islam, konsep akal dan pengaruhnya dalam pengembangan pendidikan Islam dan parmasalahannya, serta bagian penutup. Dari gambaran pokok isi makalah di atas, penulis mengharapkan dapat merespon sebagaian tujuan penulisan makalah ini, yaitu untuk memenuhi tugas perkuliahan yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Tafsir dan Hadits Tematik.
Penulisan Makalah ini menggunakan pendekatan kutipan langsung dan tidak langsung dari beberapa literatur dan sumber rujukan, serta sedikit analisis menurut persepsi penulis sendiri. Dalam hal ini sudah tentu banyak kekurangnannya, karena itu penulis meng-harapkan masukan untuk penyempurnaan yang sifatnya kunstruktif dan ilmiah dari pihak teman-teman melalui forum diskusi. Terima kasih.


lihat versi lengkapnya di

tips downloa: hilangkan tanda centang(^) pada kata fast download
tunggu sebentar kalau ada iklan 
Hasil gambar untuk tafsir


=== bdp ===
DAFTAR SUMBER RUJUKAN
A. Athaillah, Rasyid Ridha Konsep Teologi Rasional Dalam Tafsir Al-Manar, Erlangga, Yakarta, 2006
Abubakar Muhammad, Hadits Tarbiyah, Al-Ikhlas, Surabaya, 1995,

Abuddin Nata, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Yakarta, 2008,

Daud Rasyid, Menempatkan Posisi Akal, daudrasyid. com_content Official website

Ditjen Bimbaga Islam, Ilmu Pendidikan Islam, Proyek Pembinaan PTA/IAIN, Jakarta, 1984
Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, Psikologi Kenabian, Al-Manar, Yogyakarta, 2008.
Imam Az-Zabidi, Ringkasan Hadits Shahih Al-Bukhari, Pustaka Amani, Yakarta, 2002,

Khairuddin Hadhiri, Klasifikasi Kandungan al-Quran, Gema Insani Press, Yakarta, 1993,

mhdkosim.blogspot.com/2009/02/makalah-filsafat-pendidikan-islam_04.html

Muhammad Abdullah Asy-Syarqawi, Sufistic dan Akal, Pustaka Hidayah, Bandung, 2003

Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998

Muhammd Fuad Abdul Baqi, Mutiara Hadits Shahih Bukhari Muslim, PT. Bina Ilmu, Surabaya, 2005,

Muhammad Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah Volume 7, Pesan, Kesan, dan Keserasian Al- Quran, Lentera Hati, Jakarta, 2005, hlm. 56

Muhammad Thalib, 20 Kerangka Pokok Pendidikan Islami, Irsyad Baitus Salam, Bandung, 2001

N.A. Baiquni, Dkk., Indeks Al-Quran, Arbola, Surabaya, 1996

Oemar Bakry, Tafsir Ramat Cet.3, Toko Mesir Abdullah bin Afiff, Yakarta, 1984,

Qomar Suaidi ZA, Lc Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas wikipedia.org.id/ wiki/Syariat_Islam
Taufik Adnan Amal, Rekonstruksi Sejarah Al-Quran, FkBA, Yogyakarta, 2001,
Tim Penyusun, Ensiklopedi Islam Jilid 1, 2 , PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve, Yakarta, 2001.

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed.II, Balai Pustaka, Jakarta, 1995,
Yusuf Al-Qardlawy, Iman dan Kehidupan, Bulan Bintang, Yakarta, 1983,

========

DAFTAR ISI Halaman :

A. PENDAHULUAN .................................................................................. 1
B. BEBRAPA TINJAUAN TENTANG AKAL ................................................................... 2
1. Pengertian dan Hakikat Akal ........................................................................ 2

2. Konsep Akal Menurut Beberapa Disiplin Ilmu ............................................... 3
3. Tingkatan-Tingkatan Akal ........................................................................... 3
4. Fungsi Akal Bagi Manusia ........................................................................... 7

C. AYAT AL-QURAN TENTANG KEDUDUKAN AKAL BAGI MANUSIA ………………. 9
1. Allah Swt. murka terhadap manusia yang tidak menggunakan akalnya. …… 9

2. Bukti orang-orang yang menggunakan Akal. ............................................. 9

3. Tidakkah kalian menggunakan Akal ? ........................................................ 9
4. Tentang Taqwa dan Akal ..................................................................... 9

5. Agar manusia menggunakan Akal ............................................................. 10
6. Tak adakah di antara kalian yang menggunakan Akal ? ............................. 10
7. Hanya orang yang berakallah dapat memetik pelajaran ............................. 10
8. Sikap orang yang berakal ....................................................................... 10
9. Sipat orang yang berakal ....................................................................... 11
10. Masuk neraka karena tidak menggunakan Akal ........................................ 11
D. HADITS NABI SAW. TENTANG AKAL BAGI MANUSI ........................................ 11
1. Tiadalah beragama bagi orang yang tidak berakal ........................................ 11
2. Agama adalah akal,tidak punya agama maka ia tidak punya akal ................. 11
3. Akal sebagai tempat bergantungnya hukum .............................................. 12

4. akal sebagai salah satu dari lima perkara yang harus dilindungi .................. 12
5. Batasan wilayah Jangkauan akal ................................................................ 12
6. Ijtihad menggunakan akal. ......................................................................... 12
7. Dialog Nabi Saw. dengan Mu’az bin Jabal ................................................ 13

E. GAMBARAN SINGKAT TENTANG PENDIDIKAN ISLAM ....................................... 13
1. Pendidikan Dalam Perspektif Al-Quran dan Hadits Nabi saw. ...................... 13
2. Pengetian dan Tujuan Pendidikan Islam .................................................... 18
3. Landasan, Kerangka Dasar , Faktor-Faktor , dan Materi Pendidikan Islam ..... 18
F. KONSEP AKAL DAN PENGARUHNYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM ..... 19
G. PENUTUP ................................................................................................... 20
DAFTAR SUMBER RUJUKAN ............................................................................ 21

[1] Taufik Adnan Amal, Rekonstruksi Sejarah Al-Quran, FkBA, Yogyakarta, 2001, hlm. 353

[2] Abuddin Nata, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Yakarta, 2008, hl. 130.
[3] Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed.II, Balai Pustaka, Jakarta, 1995, hlm. 15

[4] Tim Penyusun, Ensiklopedi Islam Jilid 1, PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve, Yakarta, 2001. hlm. 98.

[5] ------------------- , Ensiklopedi Hukum Islam jilid 1, PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve, Yakarta, 2006. hlm. 68.
[6] Daud Rasyid, Menempatkan Posisi Akal, daudrasyid. com_content Official website -
[7] Tim Penyusun, Op Cit. 335
[8] Muhammad Abdullah Asy-Syarqawi, Sufistic dan Akal, Pustaka Hidayah, Bandung, 2003. hlm. 105

[9] I b i d , 120
[10] I b i d , 141-144
[11] Hasbi Ash-Shiddieqy, Pengantar Hukum Islam, Bulan Bintang, Yogyakarta, 1980, hlm. 63-65.
[12] Muhammad Abdullah, Op Cit
[13] Abuddin Nata, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Yakarta, 2008, hlm. 138
[14] Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, Psikologi Kenabian, Al-Manar, Yogyakarta, 2008. hlm. 275-279.

[15] Oemar Bakry, Tafsir Ramat Cet.3, Toko Mesir Abdullah bin Afiff, Yakarta, 1984, hlm.
[16] Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, Op cit , hlm. 280.
[17] I b i d , hlm. 282
[18] I b i d , hlm. 284
[19] M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah Volume 1, Pesan, Kesan, dan Keserasian Al- Quran, Lentera Hati, Jakarta, 2005, hlm. 396

[20] Tim Penyusun, Ensiklopedi Islam Jilid 5, hlm. 40
[21] Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, Loc cit , hlm. 294
[22] A. Athaillah, Rasyid Ridha Konsep Teologi Rasional Dalam Tafsir Al-Manar, Erlangga, Yakarta, 2006 hl. 61

[23] Qomar Suaidi ZA, Lc Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas wikipedia.org.id/wiki/Syariat_Islam

[24] Muhammd Fuad Abdul Baqi, Mutiara Hadits Shahih Bukhari Muslim, PT. Bina Ilmu, Surabaya, 2005, hl. 597.

[25] Munzier Saputra, Ilmu Hadits, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001, hl. 54
[26] Tim Penyusun, Ensiklopedi Islam Jilid 2, PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve, Yakarta, 2001. hl. 183

[27] Oemar Bakry, Tafsir Ramat Cet.3, Toko Mesir Abdullah bin Afiff, Yakarta, 1984, hl. 801-803

[28] Ditjen Bimbaga Islam, Ilmu Pendidikan Islam, Proyek Pembinaan PT. Agama/IAIN, Jakarta, 1984, hlm. 5-39.
[29] Mohd. ‘Athiyah Al-Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1977, hl. 25-173
[30] Abubakar Muhammad, Hadits Tarbiyah, Al-Ikhlas, Surabaya, 1995, hl. 121-212
[31] Ditjen Bimbaga Islam, Op cit, hl. 28-82
[32] I b i d , hl. 19-21
[33] Muhammad Thalib, 20 Kerangka Pokok Pendidikan Islami, Irsyad Baitus Salam, Bandung, 2001, hlm. 13-84
[34] Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998, hlm. 199-408

[35] Abuddin Nata, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Yakarta, 2008, hlm. 129

0 comments: