TAFSIR DAN HADITS TEMATIK KONSEP AKAL DAN PENGARUHNYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM
MAKALAH : TAFSIR DAN HADITS TEMATIK
KONSEP AKAL DAN PENGARUHNYA DALAM
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM
A. PENDAHULUAN
Sebagaimana kita meyakini bersama, bahwa
Al-Quran dan Al-Hadits, keduanya adalah wahyu Allah Swt. Ia adalah sumber pokok
ajaran Islam, sebagai pedoman hidup manusia terutama bagi kaum Muslim dan
Mukmin untuk mncapai kebahagiaan didunia dan di akhirat. Sebagai pedoman dan
petunjuk bagi kehidupan manusia karena memang Al-Quran dan Al-Hadits berisi
ajaran dan aturan yang paling lengkap dan sempurna mencakup esensi dan
eksestensi serta semua aspek kehidupan manusia itu sendiri.
Untuk mengaplikasikan ajaran Al-Quran
tersebut bagi kaum muslim wajib mempelajari dan memahami isi kandungannya, baik
melalui terjemah maupun Tafsir Al-Quran itu sendiri, serta
penjelasan-penjelasan khusus melalui Hadits Nabi Saw. Karenanya Al-Quran dan
Al-Hadits tidak bisa dipisahkan. Bahkan secara akademis Al-Quran dan Al-Hadits
menjadi suatu disiplin Ilmu Keislaman, dan lebih sepesifik lagi sekarang
menjadi mata kuliah Tafsir dan Hadits Tematik, yang berarti cara mengkaji dan
mendalami isi Al-Quran melalui Tafsir yaitu “Penjelasan atas Al-Quran” [1] dan
Hadits Nabi Muhammad Saw. menurut topik, judul, klasifikasi, aspek, atau
tema-tema materi tertentu.
Untuk memepelajari dan memahami semua
aspek kandungannya, sudah tentu menggunakan Akal fikiran dan nalar yang sehat
dan cerdas, tidak berdasrkan hawa nafsu. Salah satu aspek ajaran Al-Quran dan
Hadit Nabi Saw yang memerlukan penalaran akal sehat dan cerdas adalah persoalan
pengembangan Pendidikan Islam sesuai dengan judul Makalah ini yaitu “Konsep
Akal Dan Pengaruhnya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam” Secara garis besar
isi Makalah ini, Penulis mengangkat sub-sub materi antara lain; pendahuluan,
beberapa tinjauan tentang akal, bebrapa ayat Al-Quran dan Al-Hadits tentang
akal, deskripsi singkat berkenaan dengan pendidikan Islam, konsep akal dan
pengaruhnya dalam pengembangan pendidikan Islam dan parmasalahannya, serta
bagian penutup. Dari gambaran pokok isi makalah di atas, penulis mengharapkan
dapat merespon sebagaian tujuan penulisan makalah ini, yaitu untuk memenuhi
tugas perkuliahan yang telah ditentukan oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Tafsir
dan Hadits Tematik.
Penulisan Makalah ini menggunakan
pendekatan kutipan langsung dan tidak langsung dari beberapa literatur dan
sumber rujukan, serta sedikit analisis menurut persepsi penulis sendiri. Dalam
hal ini sudah tentu banyak kekurangnannya, karena itu penulis meng-harapkan
masukan untuk penyempurnaan yang sifatnya kunstruktif dan ilmiah dari pihak
teman-teman melalui forum diskusi. Terima kasih.
lihat versi lengkapnya di
tips downloa: hilangkan tanda centang(^) pada kata fast download
tunggu sebentar kalau ada iklan

=== bdp ===
DAFTAR SUMBER RUJUKAN
A. Athaillah, Rasyid Ridha Konsep Teologi
Rasional Dalam Tafsir Al-Manar, Erlangga, Yakarta, 2006
Abubakar Muhammad, Hadits Tarbiyah,
Al-Ikhlas, Surabaya, 1995,
Abuddin Nata, Tafsir Ayat-Ayat
Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Yakarta, 2008,
Daud Rasyid, Menempatkan Posisi Akal,
daudrasyid. com_content Official website
Ditjen Bimbaga Islam, Ilmu Pendidikan
Islam, Proyek Pembinaan PTA/IAIN, Jakarta, 1984
Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, Psikologi
Kenabian, Al-Manar, Yogyakarta, 2008.
Imam Az-Zabidi, Ringkasan Hadits Shahih
Al-Bukhari, Pustaka Amani, Yakarta, 2002,
Khairuddin Hadhiri, Klasifikasi
Kandungan al-Quran, Gema Insani Press, Yakarta, 1993,
mhdkosim.blogspot.com/2009/02/makalah-filsafat-pendidikan-islam_04.html
Muhammad Abdullah Asy-Syarqawi, Sufistic
dan Akal, Pustaka Hidayah, Bandung, 2003
Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama
Islam, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998
Muhammd Fuad Abdul Baqi, Mutiara Hadits
Shahih Bukhari Muslim, PT. Bina Ilmu, Surabaya, 2005,
Muhammad Quraish Shihab, Tafsir
Al-Misbah Volume 7, Pesan, Kesan, dan Keserasian Al- Quran, Lentera Hati,
Jakarta, 2005, hlm. 56
Muhammad Thalib, 20 Kerangka Pokok
Pendidikan Islami, Irsyad Baitus Salam, Bandung, 2001
N.A. Baiquni, Dkk., Indeks Al-Quran,
Arbola, Surabaya, 1996
Oemar Bakry, Tafsir Ramat Cet.3, Toko
Mesir Abdullah bin Afiff, Yakarta, 1984,
Qomar Suaidi ZA, Lc Wikipedia bahasa
Indonesia, ensiklopedia bebas wikipedia.org.id/ wiki/Syariat_Islam
Taufik Adnan Amal, Rekonstruksi Sejarah
Al-Quran, FkBA, Yogyakarta, 2001,
Tim Penyusun, Ensiklopedi Islam Jilid 1,
2 , PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve, Yakarta, 2001.
Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa
Indonesia Ed.II, Balai Pustaka, Jakarta, 1995,
Yusuf Al-Qardlawy, Iman dan Kehidupan,
Bulan Bintang, Yakarta, 1983,
========
DAFTAR ISI Halaman :
A. PENDAHULUAN
..................................................................................
1
B. BEBRAPA TINJAUAN TENTANG AKAL
................................................................... 2
1. Pengertian dan Hakikat Akal
........................................................................ 2
2. Konsep Akal Menurut Beberapa Disiplin
Ilmu ............................................... 3
3. Tingkatan-Tingkatan Akal
........................................................................... 3
4. Fungsi Akal Bagi Manusia
........................................................................... 7
C. AYAT AL-QURAN TENTANG KEDUDUKAN AKAL
BAGI MANUSIA ………………. 9
1. Allah Swt. murka terhadap manusia
yang tidak menggunakan akalnya. …… 9
2. Bukti orang-orang yang menggunakan
Akal. ............................................. 9
3. Tidakkah kalian menggunakan Akal ?
........................................................ 9
4. Tentang Taqwa dan Akal
..................................................................... 9
5. Agar manusia menggunakan Akal
............................................................. 10
6. Tak adakah di antara kalian yang
menggunakan Akal ? ............................. 10
7. Hanya orang yang berakallah dapat
memetik pelajaran ............................. 10
8. Sikap orang yang berakal
....................................................................... 10
9. Sipat orang yang berakal
....................................................................... 11
10. Masuk neraka karena tidak
menggunakan Akal ........................................ 11
D. HADITS NABI SAW. TENTANG AKAL BAGI
MANUSI ........................................ 11
1. Tiadalah beragama bagi orang yang
tidak berakal ........................................ 11
2. Agama adalah akal,tidak punya agama
maka ia tidak punya akal ................. 11
3. Akal sebagai tempat bergantungnya
hukum .............................................. 12
4. akal sebagai salah satu dari lima
perkara yang harus dilindungi .................. 12
5. Batasan wilayah Jangkauan akal
................................................................ 12
6. Ijtihad menggunakan akal.
......................................................................... 12
7. Dialog Nabi Saw. dengan Mu’az bin
Jabal ................................................ 13
E. GAMBARAN SINGKAT TENTANG PENDIDIKAN
ISLAM ....................................... 13
1. Pendidikan Dalam Perspektif Al-Quran
dan Hadits Nabi saw. ...................... 13
2. Pengetian dan Tujuan Pendidikan Islam
.................................................... 18
3. Landasan, Kerangka Dasar , Faktor-Faktor
, dan Materi Pendidikan Islam ..... 18
F. KONSEP AKAL DAN PENGARUHNYA DALAM
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM ..... 19
G. PENUTUP
...................................................................................................
20
DAFTAR SUMBER RUJUKAN
............................................................................ 21
[1] Taufik Adnan Amal, Rekonstruksi
Sejarah Al-Quran, FkBA, Yogyakarta, 2001, hlm. 353
[2] Abuddin Nata, Tafsir Ayat-Ayat
Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Yakarta, 2008, hl. 130.
[3] Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa
Indonesia Ed.II, Balai Pustaka, Jakarta, 1995, hlm. 15
[4] Tim Penyusun, Ensiklopedi Islam
Jilid 1, PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve, Yakarta, 2001. hlm. 98.
[5] ------------------- , Ensiklopedi
Hukum Islam jilid 1, PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve, Yakarta, 2006. hlm. 68.
[6] Daud Rasyid, Menempatkan Posisi
Akal, daudrasyid. com_content Official website -
[7] Tim Penyusun, Op Cit. 335
[8] Muhammad Abdullah Asy-Syarqawi,
Sufistic dan Akal, Pustaka Hidayah, Bandung, 2003. hlm. 105
[9] I b i d , 120
[10] I b i d , 141-144
[11] Hasbi Ash-Shiddieqy, Pengantar
Hukum Islam, Bulan Bintang, Yogyakarta, 1980, hlm. 63-65.
[12] Muhammad Abdullah, Op Cit
[13] Abuddin Nata, Tafsir Ayat-Ayat
Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Yakarta, 2008, hlm. 138
[14] Hamdani Bakran Adz-Dzakiey,
Psikologi Kenabian, Al-Manar, Yogyakarta, 2008. hlm. 275-279.
[15] Oemar Bakry, Tafsir Ramat Cet.3,
Toko Mesir Abdullah bin Afiff, Yakarta, 1984, hlm.
[16] Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, Op cit
, hlm. 280.
[17] I b i d , hlm. 282
[18] I b i d , hlm. 284
[19] M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah
Volume 1, Pesan, Kesan, dan Keserasian Al- Quran, Lentera Hati, Jakarta, 2005,
hlm. 396
[20] Tim Penyusun, Ensiklopedi Islam
Jilid 5, hlm. 40
[21] Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, Loc cit
, hlm. 294
[22] A. Athaillah, Rasyid Ridha Konsep
Teologi Rasional Dalam Tafsir Al-Manar, Erlangga, Yakarta, 2006 hl. 61
[23] Qomar Suaidi ZA, Lc Wikipedia
bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas wikipedia.org.id/wiki/Syariat_Islam
[24] Muhammd Fuad Abdul Baqi, Mutiara
Hadits Shahih Bukhari Muslim, PT. Bina Ilmu, Surabaya, 2005, hl. 597.
[25] Munzier Saputra, Ilmu Hadits, PT.
Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001, hl. 54
[26] Tim Penyusun, Ensiklopedi Islam
Jilid 2, PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve, Yakarta, 2001. hl. 183
[27] Oemar Bakry, Tafsir Ramat Cet.3,
Toko Mesir Abdullah bin Afiff, Yakarta, 1984, hl. 801-803
[28] Ditjen Bimbaga Islam, Ilmu
Pendidikan Islam, Proyek Pembinaan PT. Agama/IAIN, Jakarta, 1984, hlm. 5-39.
[29] Mohd. ‘Athiyah Al-Abrasyi,
Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1977, hl. 25-173
[30] Abubakar Muhammad, Hadits Tarbiyah,
Al-Ikhlas, Surabaya, 1995, hl. 121-212
[31] Ditjen Bimbaga Islam, Op cit, hl.
28-82
[32] I b i d , hl. 19-21
[33] Muhammad Thalib, 20 Kerangka Pokok
Pendidikan Islami, Irsyad Baitus Salam, Bandung, 2001, hlm. 13-84
[34] Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama
Islam, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998, hlm. 199-408
[35] Abuddin Nata, Tafsir Ayat-Ayat
Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Yakarta, 2008, hlm. 129
0 comments:
Post a Comment